Rabu, 28 November 2007

Nasi Gandul di Jl. Prof Johannes (Jogjakarta)



Dear Kuliners,

Saya tadi makan malam di Nasi Gandul yg terletak di Jl. Prof. Johannes (jalan antara Galeria Mall sampai Pom Bensin Sagan). Alamatnya cukup gampang, terletak di sebelah hotel Sala-3 dengan spanduk kuning "Nasi Gandul" di depannya. Kalau gak salah, Nasi Gandul berasal dari daerah Pati/Kudus dan sekitarnya.

Untuk menu yg tersedia, kita bisa pilih lauk yg terdiri dari daging sapi, jeroan, telor rebus dll. Kemudian setelah itu disiram kuah, ditempatkan di piring yg dialasin daun pisang. Hehehe cuma bagi yang kadar kolesterol-nya tinggi, ati-ati ya soalnya banyak jeroannya dibandingin dagingnya. Untuk pasangannya, biasanya kita makan tempe goreng tipis kering plus sambal. Paling enak kalau pas masih panas kuahnya...hmmm yummy..!! Di warung tersebut, biasanya kita juga punya pilihan minum yang unik yaitu es Kawis (sirop) yang jarang ditemukan di tempat lain. Kawis adalah buah yg sdh jarang ditemukan di pasar2 tradisional.

Untuk harga saya kira cukup terjangkau buat masyarakat Jogja. Dengan rentang belasan ribu rupiah sdh bisa dapat 1 porsi. Cuma bagi yang suka makan banyak, 1 porsi pasti tidak cukup ya. Nasi Gandul di Jogja lebih banyak buka pada malam hari, walau ada beberapa tempat tertentu buka siang hari juga. Silahkan mencoba......

Tidak ada komentar: